Berita  

Viral, Video Jokowi Tak Bersalaman dengan Try Sutrisno di Momen HUT TNI ke 79, Istana Klarifikasi

(foto:merdeka.com)

INFOSA.ID|JAKARTA– Sejatinya memang acara puncak HUT ke-79 TNI telah digelar di lapangan Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.
Acara yang digelar pada Sabtu (5/10) itu berlangsung meriah, menampilkan atraksi para Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari 3 matra.

Namun, ada momen tak biasa yang tertangkap kamera saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terlihat tidak menyalami Wakil Presiden (Wapres) ke-6 RI, Jenderal (Purn) TNI Try Sutrisno.

Awalnya, Jokowi bersama dengan Iriana Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin beserta Wury Estu Handayani diminta oleh MC dalam acara itu untuk beristirahat sejenak di mimbar kehormatan.

Sebelum beristirahat, Jokowi dan Ma’ruf Amin pun menyempatkan diri untuk bersalaman dengan tamu lainnya yang duduk sejajar dengannya yakni Wapres ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK), Wapres ke-11 Boediono hingga istri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Sinta Nuriyah.

Namun, ketika itu Jokowi terlihat tidak menyalami Try Sutrisno beserta istri yang duduk di sebelah Boediono.
Padahal, saat itu jenderal sepuh tersebut sudah berusaha untuk bangun dari kursinya yang sempat dibantu sang istri.

Akan tetapi, Jokowi terlihat justru melewatinya dan langsung bersalaman dengan Sinta Nuriyah yang bersebelahan duduk dengan Tuti Setiawati yang terlihat mengenakan pakaian berwarna hijau.
Lantaran dilewati oleh Jokowi, Try Sutrisno pun kemudian kembali duduk.
Setelah menyalami Sinta Nuriyah, Jokowi langsung kembali ke tempat duduknya dengan melalui meja depan JK dan Boediono.

Sebelum beristirahat, Jokowi dan Ma’ruf Amin pun menyempatkan diri untuk bersalaman dengan tamu lainnya yang duduk sejajar dengannya.

Terkait viralnya hal tersebut, Istana Kepresidenan buka suara soal potongan video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berjabatan tangan dengan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno saat menghadiri peringatan HUT TNI ke-79 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menjelaskan Jokowi sejatinya telah memberikan salam penghormatan kepada Try sebelum acara berlangsung.

“Bapak Presiden sudah salaman dan menyapa Wakil Presiden ke-6 Bapak Try Sutrisno beserta Ibu di Holding VVIP room,” kata Yusuf dalam keterangannya, Senin (7/10).
Yusuf pun memastikan Jokowi senantiasa menghormati para tokoh pemimpin Indonesia terdahulu.

“Bapak Presiden sangat menghormati semua elemen masyarakat apalagi dengan para tokoh pemimpin bangsa,” ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di detik.news dengan judul ‘Viral,Video Jokowi Tak Salami Try Sutrisno, Istana Buka Suara’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *