Berita  

Dewan Pers Minta Wartawan Tingkatkan Kualitas dan Pengetahuan

INFOSA.ID|BANDA ACEH–
Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Dewan Pers, Tri Agung Kristanto mengatakan ditengah era digitalisasi, wartawan diharapkan mampu menjalankan tugasnya sebagai media sosial kontrol dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Untuk itu dia menekankan untuk terus menambah pengetahuan dan kualitas. “Kami minta kepada jurnalis untuk terus mengasah kemampuannya dan tingkatkan kualitas sebagai seorang wartawan,” ujar Tri Agung saat menutup dan mengumumkan hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Aceh di Kryiad Hotel Banda Aceh, Sabtu (28/9/2024).

17 peserta dinyatakan Lulus UKW

Dari total 18 wartawan anggota PWI Aceh yang ang mengikuti UKW Angkatan XIX, 17 peserta di antaranya dinyatakan kompeten. Sedangkan enam peserta UKW Lembaga Uji Kompas, dua di antaranya belum kompeten.

Peserta UKW Lembaga Uji PWI diikuti 12 orang jenjang Muda dan 6 orang jenjang Madya. Peserta yang dinyatakan belum kompeten adalah satu orang dari jenjang Muda.

Sementara itu, peserta yang ikut melalui Lembaga Uji Kompas sebanyak enam orang yang semuanya jenjang Muda. Dari jumlah itu dua di antaranya belum kompeten.

Pengumuman tentang peserta UKW dari Lembaga Uji PWI disampaikan oleh Sayid Iskandarsyah yang merupakan penguji dari PWI Pusat. Dua penguji lainnya dari PWI adalah T. Haris Fadhillah dan Taufan Pamungkas.

“Dari 18 wartawan PWI yang mengikuti UKW Angkatan XIX, 17 orang dinyatakan kompeten, sementara satu orang belum kompeten,” kata Sayid dari Lembaga Uji PWI.

Sedangkan pembacaan hasil UKW Lembaga Uji Kompas disampaikan langsung oleh pengujinya, Evy Rachmawati.

Menurut Evy, dari enam peserta yang mengikuti UKW pada jenjang UKW Muda, empat orang dinyatakan kompeten.

“Peserta dari Lembaga Uji Kompas ada enam orang, empat di antaranya kompeten sedangkan dua lainnya belum kompeten,” kata Evy Rachmawati.

Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Dewan Pers, Tri Agung Kristanto dalam sambutannya ketika menutup kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada Lembaga Uji PWI yang terus mendorong para wartawan PWI untuk meningkatkan kompetensinya.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan kepada seluruh wartawan yang sudah dinyatakan Kompeten agar terus meningkatkan pengetahuan dan kualitasnya sebagai seorang jurnalis.

Begitu juga kepada peserta yang belum kompeten, ia mengingatkan untuk terus belajar dan mempersiapkan diri agar ke depan bisa mengikuti lagi ujian hingga dinyatakan kompeten.

Kegiatan yang berlangsung dua hari di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh dihadiri oleh Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin bersama Sekretarisnya, Muhammad Zairin dan jajaran pengurus lainnya.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *