Berita  

Rebut Lima Medali, Ketua Kurash Aceh: Pencapaian Luar Biasa , Terima Kasih untuk Semua

Ketua Pengurus Provinsi Federasi Kursah (Ferkushi) Aceh, Muhammad Iswanto. (foto-istimewa)

INFOSA.ID|BANDA ACEH– Ketua Pengprov Federasi Kurash (Ferkushi) Aceh, Muhammad Iswanto, menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian luar biasa tim Kurash Aceh pada PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Ia pun terharu atas perjuangan atlet binaannya yang bertanding selama tiga hari di Hall A Jantho Sport Center (JSC) Kota Jantho.

Meski Kurash baru dipertandingkan pada PON XXI tahun ini, namun persiapan dan latihan sudah berjalan dua tahun lalu. “Walaupun dihadapkan dengan fasilitas yang terbatas, berkat keseriusan dan kerja sama serta dukungan semua pihak, Alhamdulillah Semha kendala itu terataai.

Iswanto memimpin Kurash di Tanah Rencong sejak 2020 lalu, pria yang saat ini menjabat sebagai Pj Bupati Aceh Besar tersebut mengaku akan terus bekerja keras untuk memajukan cabang olahraga Kurash di Aceh,” Ke depan kita akan rekrut dan bina atlet-atlet yang berbakat di cabor Kurash,” ujar Iswanto.

Hal itu disampaikan Iswanto pada saat konferensi pers di Media Center, Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Minggu (15/9/2024).

Pada PON kali ini, awalnya tim Kurash Aceh hanya memasang target satu medali emas. Namun, hasil yang dicapai jauh melebihi ekspektasi.

“Alhamdulillah, kami berhasil meraih lima medali, tiga emas, satu perak dan satu perunggu. Kami sangat terharu dan bangga,” ujar Iswanto sang Pj Bupati Aceh Besar ini.

Peraih medali emas kelas uzul putri, Khairunnisak dan Inayah Adila Juwita.(foto.Ist)

Tiga peraih emas tersebut adalah M.Dimas Pratama (+80kg), M. Saif Ritonga-Tomi Saputra, keduanya merupakan anggota TNI turun di kelas uzul Putra dan Khairunisak berpasangan dengan Inayah Adila Juwita bertanding di kelas uzul Putri.

Perak diraih oleh M.Saif Ritonga kelas +60kg, perunggu dipersembahkan oleh Aksal Muhammad Janwar.

“Kami pengurus Kuras Aceh memberikan apresiasi kepada atlet yang telah membawa nama harun Aceh,” ujar Iswanto

Wakil Ketua Umum Bidang Prestasi Kurash Aceh, Ferry Suferilla, menambahkan, pada tahun 2021, cabang Kurash hanya dipertandingkan sebagai ekshibisi di PON.

Saat itu katanya, Aceh hanya mengirimkan dua atlet, namun berhasil membawa pulang satu medali emas.

“Sejak memasuki periode 2022-2023, kami mulai menghidupkan kembali program latihan, sertifikasi atlet, wasit, dan pembinaan di berbagai Pengurus Cabang. Pada akhirnya tahun 2022, kami mendapat dukungan program Pelatda dari KONI,” kata Ferry.

“Berkat keseriusan dan kerja keras pengurus  dan dukungan semua pihak, prestasi Kurash  Aceh di PON XXI Aceh-Sumut masuk peringkat kedua setelah DKI Jakarta sebagai juara umum, ujar Ferry

Ferry juga menekankan bahwa pusat pelatihan Kurash di Aceh terletak di Lhong Raya, tempat para atlet berlatih setiap hari dengan semangat tinggi.

“Kami percaya pada konsep bahwa latihan keras, hasil dan prestasi akan terwujud,”
(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *