Berita  

Warga Selangor Belajar Anyaman Tikar dari Daun Kelapa di Gampong Wisata Nusa

INFOSA|LHOKNGA– Gampong Wisata Nusa Kecamatan Lhoknga Aceh Besar terus mendapat kunjungan wisatawan dari negara tetangga hingga manca negara, dengan menyuguhi adat dan budaya dengan konsep wisata berbasis masyarakat serta menyediakan penginapan homestay di rumah warga.

“Sejak konsep homestay di rumah warga ini diterapkan di sini, pengunjung dari berbagai negara yang datang juga kita suguhi adat dan budaya Aceh dalam kehidupan sehari hari, sehingga mereka dapat merasakan langsung bagaimana kehidupan orang Aceh di sini,” ujar Nurhayati, Ketua Lembaga Pariwisata Gampong Nusa di Lhoknga, Rabu (14/08/2024).

“Hari ini kita kedatangan tamu dari Seulangor – Malaysia, ada delapan orang sudah dua malam di homestay, kemarin belajar membuat anyaman tikar dari daun kelapa, bersosialisasi dengan warga, mencoba aneka produk UMKM di Nusa juga,” imbuh Nur.

Salah seorang wisatawan seulangor, Wani (32) mengatakan datang bersama keluarga sudah seminggu berada di Aceh dan saat ini sedang menikmati gampong Wisata Nusa. “Kemarin sudah keliling kampung, hari ini kita disuguhi tarian dan pemandangan indah di sini, segar dan seru dipandang mata,” ujarnya.

Wani mengaku mengetahui gampong Wisata Nusa melalui chanel YouTube sejak sebelum Pandemi Covid-19, sehingga baru memiliki waktu bersama keluarga untuk berkunjung pada bulan Agustus 2024 ini. “Baru tahun ini bisa kesini, Kampungnya indah, orangnya ramah, maka sekarang sudah bisa mengenal langsung lebih dalam tentang kampung Nusa ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Gampong Wisata Nusa, Kabupaten Aceh Besar telah meraih penghargaan dari ASEAN Tourism Awards 2023-2025 kategori Penyediaan Homestay sehingga secara tidak langsung standar kelayakannya sudah diakui oleh beberapa negara tetangga.

“’45 kamar yang ada di Homestay’ kita sudah bisa dikatakan layak dan bisa dikatakan sudah berstandar ASEAN,” kata Keuchik Gampong Nusa Sanusi beberapa waktu yang lalu.

Sanusi menuturkan, bahwa Rumah Tinggal Gampong Nusa telah lama menerima banyak tamu baik wisatawan nusantara maupun mancanegara seperti Amerika, Malaysia, Brunei Darussalam dan negara lainnya.

“Dengan banyaknya pendatang ini juga akan menambah pendapatan masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” tuturnya.

Gampong Nusa salah satu desa dengan konsep wisata berbasis masyarakat. Banyak hal unik yang akan kita jumpai di Gampong Nusa, seperti barang-barang yang berbahan sampah organik, jamuan khas Aceh, penginapan serta bonus pemandangan yang asri dengan nuansa perkampungan.(**)

Warga Seulangor – Malaysia Kunjungi dan Menginap di Gampong Wisata Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (14/08/2024)
FOTO/MC ACEH BESAR

Warga Seulangor Malaysia foto bersama warga Nusa saat menginap di Gampong Wisata Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (14/08/2024)
FOTO/MC ACEH BESAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *