Berita  

Kemarau Panjang Landa Aceh Besar, Masyarakat Lhoknga Gelar Shalat Istisqa

INFOSA.ID|LHOKNGA– Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, melalui Camat Lhoknga Muktar Jakub, S.Sos mengatakan masyarakat Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar yang tersebar di empat mukim telah melaksanakan shalat minta hujan (istisqa) Kamis kemarin, 18 Juli 2024.

“Alhamdulillah, kemarin masyarakat Lhoknga berbondong-bondong melaksanakan sholat minta hujan di lapangan dan halaman mesjid,” kata Camat Muktar di Lhoknga, Jum’at (19/07/2024).

Ia mengatakan masing-masing masyarakat melaksanakan sholat dikemukimannya, yaitu di Lhoknga, Lampuuk, Kueh dan Lamlhom. Mereka khusyuk dalam shalat dan larut dalam doa yang dipanjatkan, serta serangkaian khutbah usai shalat.

“Di halaman depan Masjid Al Islah Lhoknga Kemukiman Lhoknga tersebut, terlihat masyarakat khusuk dan larut dalam shalat dan doa serta khutbah shalat istisqa yang disampaikan Pimpinan Dayah Budi Raja Lhoknga Tgk Muhammad Fauzi,” katanya.

Camat Muktar juga menambahkan, Pj Bupati Aceh Besar sebelumnya pernah menghimbau agar masyarakat dapat melaksanakan Ibadah salat Istisqa, meminta pertolongan kepada Allah SWT dalam rangka menghadapi cobaan kekeringan yang menimpa masyarakat Lhoknga.

” Memang sebelumnya Pak Pj saat berkunjung dan melihat kondisi di Lhoknga, saat itu mengharapkan supaya dilaksanakan Sholat Istisqa,” imbuhnya.

Sementara itu, Imuem Mukim (lembaga adat) Lhoknga Firdaus Akbar mengatakan sebelum melaksanakan shalat Istisqa warga di Lhoknga melaksanakan puasa sunnah selama tiga hari sebagai upaya memohon kepada Allah SWT agar daerah yang dilanda darurat kekeringan tersebut segera turun hujan.

“Puasa sunnah selama tiga hari dan dilanjutkan shalat Istisqa pada hari ini di halaman masjid merupakan keputusan bersama sebagai bagian berdoa kepada Allah agar kekeringan yang melanda Kecamatan Lhoknga dapat segera berakhir,” kata Imuem Mukim Lhoknga Firdaus Akbar.

Ia menjelaskan untuk pelaksanaan puasa sunnah Mukim Lhoknga dan bersama empat mukim lainnya dalam Kecamatan Lhoknga telah mengeluarkan imbauan bersama kepada masyarakat agar melaksanakan keputusan bersama tersebut.

Adapun imbauan yang diterbitkan, di antaranya melaksanakan puasa sunnah Istisqa selama tiga hari berturut-turut, menutup warung kopi selama masyarakat melaksanakan puasa Istisqa, dan melaksanakan shalat minta hujan di lapangan samping Masjid Al Islah Lhoknga.

Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar memiliki empat mukim, yakni Lhoknga, Lampuuk, Kueh dan Lamlhom. Adapun jumlah gampong (desa) sebanyak 28 desa.

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar juga memberlakukan status Siaga Darurat Bencana Kekeringan, khususnya Kecamatan Lhoknga.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *