Berita  

Pj Bupati Iswanto Komit Wujudkan Aceh Besar Bebas Sampah dan Kumuh

INFOSA.ID: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, Jumat (19/08/2022) siang, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di Gampong Meunasah Kulam, Kecamatan Mesjid Raya, Jumat 19 Agustus 2022.

Pembangunan TPS3R itu merupakan bagian dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Program ‘Kotaku’ dalam pelaksanaannya menggunakan platform kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, kota/kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainya, dengan memposisikan masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota sebagai pelaku utama.

Muhammad Iswanto dalam pernyataannya di sela kegiatan itu menyebutkan, pembangunan TPS3R menjadi salah satu solusi untuk penyelesaian masalah sampah di Aceh Besar. Iswanto juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan tempat pembuangan sampah tersebut.

Kepada pihak Camat, Koramil dan Polsek, Iswanto juga menyampaikan pesan agar mengawal pembangunan itu sebagai bentuk dukungan terhadap program penyelesaian permasalahan sampah, sehingga masyarakat akan merasakan manfaatnya.

“Mari tunjukkan kepada donatur yang sudah berkenan membantu, bahwa pemilihan lokasi TPS3R di gampong ini tidak salah. Kita harus buktikan,” sebut Iswanto.

Iswanto juga menyebutkan, segala usaha dan dukungan yang dilakukan akan memiliki dampak besar di kemudian hari dalam membangun Aceh Besar.

“Kita melakukan lompatan lompatan kecil, insya Allah lompatan kecil ini, akan berubah menjadi lompatan besar dengan cakupan hasil yang besar pula,” kata Iswanto.

Sementara Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR, Deni Arditya yang hadir pada acara itu mengatakan, dirinya yakin dengan dukungan langsung Pj Bupati dan seluruh stakeholder, pembangunan TPS3R akan berjalan lancar.

“Artinya kita semua mendukung bahwa program kegiatan ini akan mengentaskan kekumuhan di wilayah Aceh Besar,” ujar Deni.

Deni juga menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah bersama-sama mendukung kegiatan itu. Ia berharap proses pembagunannya berjalan lancar sehingga segera dapat dioperasikan dan manfaatnya akan dirasakan masyarakat.
Untuk diketahui,

Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) merupakan sistem pengelolaan dan teknologi pengolahan sampah yang akan memberikan banyak keuntungan. Dalam praktiknya TPS3R akan mengolah sampah yang terkumpul untuk dijadikan barang bermanfaat, seperti pupuk kompos.

TPS3R Gampong Kulam nantinya akan dibekali sejumlah peralatan pengolahan sampah, seperti mesin penghancur plastik, mesin pres hidrolik, mesin pencacah kompos, hingga mesin ayak. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *